• Foto bersama FOI - SMP SRA - SDS Fatahillah

 

Jam 08.30 Pak Ismadi sebagai kepala sekolah SDS Fatahillah menyiapkan anak-anak muridnya di bangku kelas 6 SD berbaris di depan kelas untuk memulai acara sosialisasi dan berbagi makanan sehat yang dilakukan oleh SMP Sekolah Rakyat Ancol (SMP SRA) dan Foodbank Of Indonesia (FOI) pada tanggal 5 November 2019.

Sebelumnya tim FOI yaitu Ibu Ida, Kak Inten, Ka Alifah dan Ka Dicky bersama dengan Tim Taman Impian Ancol (Ka Shelfa) dan Tim SMP  SRA (Pak Lukiz, Pak Eko dan Ka Ayas) bersama 5 muridnya yaitu Risky, Eka, Ella, Dhini dan Maulana menyiapkan roti dan susu yang kemudian dibagikan ke siswa dan siswi kelas 6 SD di SDS Fatahillah.

Sembari masuk ke kelas dengan tertib, Siswa dan Siswi SDS Fatahillah diberikan Susu dan roti untuk menemani kegiatan di kelas. Di kelas, sambutan-sambutan dari SMP SRA, FOI dan SDS Fatihilah disampaikan ke anak-anak dengan semangat. Anak-anak pun mendengarkan dengan antusias. Acara dilanjut dengan pemberian materi dari FOI mengenai pentingnya berbagi makanan untuk membantu orang diluar sana yang tidak mampu membeli makanan “Siapa disini yang tadi pagi belum sarapan ?” tanya Ibu Ida kepada anak-anak. Anak-anak menjawab dengan jawaban yang berbeda-beda. “Nah, FOI ini bertujuan untuk mengumpulkan makanan-makanan dan membagikannya ke orang-orang yang tidak bisa makan karena satu dan lain hal” lanjut Ibu Ida. Selain itu Ibu Ida juga menjelaskan mengenai pentingnya sarapan sebelum sekolah “Sarapan itu penting sekali adik-adik, supaya ketika belajar kita tidak mengantuk. Nah sekarang siapa yang kalau belajar suka mengantuk ?” anak-anak menjawab dengan antusias diiringi dengan canda tawa.

Setelah materi dari FOI, selanjutnya perkenalan SMP Sekolah Rakyat Ancol yang dipimpin oleh Ka Shelfa selaku alumni SMP Sekolah Rakyat Ancol yang sekarang bekerja di Taman Impian Jaya Ancol. SMP Sekolah Rakyat Ancol adalah SMP kerjasama CSR (Corporate Social Responsibility) antara Yayasan Sekolah Rakyat Indonesia (YSRI) dan Taman Impian Jaya Ancol di daerah Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. SMP ini berdiri sejak tahun 2004, dan telah banyak membantu anak-anak  yang kurang mampu ataupun yatim piatu karena SMP yang bebas biaya. SMP SR Ancol yang dibantu oleh CSR Taman Impian Jaya Ancol terus berusaha meningkatkan kualitasnya supaya mampu menciptakan lulusan-lulusan yang berkompeten di era modern dan berakhlak mulia, walaupun murid-muridnya tidak dipungut biaya sedeikitpun. ” Kakak sangat tebantu sekali dengan adanya SMP Sekolah Rakyat Ancol karena disini kakak diajarkan untuk bermimpi dan bekerja keras untuk mengejar mimpi itu” tutur Ka Shelfa. “Sekarang siapa disini yang berani mengucapkan cita-citanya di depan kelas ?” tanya Ka Shelfa sambil mengangkat tangan. Anak-anak tidak ada yang berani dan masih malu-malu untuk maju kedepan sehingga ka shelfa yang mendekati anak-anak tersebut. Satu persatu anak mulai mengucapkan cita-citanya. “Ayo kalian harus berani mengucapkan cita-cita kalian supaya cita-citanya tercapai” lanjut ka shelfa. Akhirnya anak-anak mulai mengangkat tangannya dan berani maju ke depan kelas untuk mengucapkan cita-citanya. Ada yang ingin menjadi dokter, pilot, orang sukses, orang kaya dan seterusnya.  Keberanian anak-anak ini diapresiasi oleh Ka Shelfa dengan hadiah.

Selain itu siswa dan siswi yang masih sekolah di SMP SRA juga membagikan pengalannya selama bersekolah di sana. “Sekolah di SMP SRA itu asik, ga cuma bisa jalan-jalan ke Ancol, tapi guru-gurunya ramah-ramah dan baik-baik, kita diajarkan untuk bermimpi dan selalu percaya diri untuk maju ke depan. Pokonya asik deh !” tutur Ella salah satu siswi SMP SRA. Kegiatan dilakukan dengan santai dan canda tawa.

Kegiatan diakhiri dengan pemberian sertifikat dari FOI ke SDS Fatahillah dan Foto bersama SMP SRA, FOI dan SDS Fatahillah daerah Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

Leave a Comment