KEGIATAN DIRECT SELLING KOMUNITAS KREATIF TKB ANGKASA PURA

Teluknaga, Sabtu, 27 Januari 2018, Siswa-Siswi kelas 7 A dan 7 B SMP Negeri 1 Terbuka Teluknaga TKB Angkasa Pura sangat bersemangat. Seluruh Siswa-Siswi kelas 7 mengenakan seragam olahraga dan atribut berupa name tag yang dibuat oleh masing-masing kelompok dengan sangat kreatif dan unik. Mereka membawa kotak-kotak karton yang sangat cantik yang terbuat dari kardus bekas. Wajah mereka sumringah karena hari ini mereka akan berkegiatan di luar sekolah.

Hari sabtu, merupakan hari keterampilan di TKB Angkasa Pura. Biasanya pada hari Sabtu, Siswa-Siswi diajarkan teknik-teknik pembuatan bros beraneka macam dengan memanfaatkan kain perca sisa butik yang berkualitas tinggi dalam wadah RHC (Rozart Home Craft) Creative Community. Selain bros, anak-anak juga diajarkan membuat gantungan kunci dan hiasan berbahan dasar flannel atau felt. Setiap hari Sabtu produksi bros hasil belajar anak-anak dapat mencapai puluhan jumlahnya. Hasil kreasi Siswa yang dikumpulkan dipilah antara hasil yang layak jual dan hasil yang masih perlu perbaikan. Hasil yang layak jual kemudian diberi hiasan dan pin sebelum dikemas dan diberi label.

Tidak terasa sudah 1 semester siswa-siswi kelas 7 diajarkan membuat kerajianan bros. Stok produk yang baik dalam hal kualitas pun telah cukup dari segi kuantitas. Tiba saatnya kegiatan promosi dan pemasaran diajarkan pada siswa. Promosi dan pemasaran yang telah diajarkan secara teori adalah pemasaran online via media social serta penyedia toko online.

Pada hari sabtu ini adalah puncak kegiatan pemasaran, berupa penjualan langsung yang dilakukan oleh siswa. Teknisnya, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang masing-masing kelompok diminta mendiskusikan strategi marketing untuk kelompoknya masing-masing. Harga jual pun ditentukan sendiri oleh siswa dengan perhitungan untung rugi. Siswa di edukasi untuk mengambil untung, artinya menjual dengan harga diatas harga modal. Keuntungan tersebut seutuhnya diperuntukkan untuk kelompok masing-masing. Setelah itu siswa secara berkelompok akan berkunjung kerumah-rumah warga di sekitar sekolah untuk mempromosikan hasil kerajinan mereka yang telah dikemas rapi.

Alhamdulillah, setelah kurang lebih 1 jam kegiatan siswa berjualan langsung, hampir seluruh hasil kerajinan mereka terjual habis. Tiap kelompok membuat laporan yang menceritakan pengalamannya berjualan langsung dan jumlah keuntungan yang mereka dapatkan serta kesan mereka dalam kegiatan ini.

Penulis, selaku tutor dan koordinator RHC Creative Community, berharap semoga cita-cita pengelola TKB Angkasa Pura untuk dapat menanamkan jiwa mandiri dan semangat enterpreunership dalam diri siswa dapat terwujud melalui kegiatan produksi dan pemasaran seperti kegiatan hari ini. Aamiin

Penulis : Riana Sari, S.Pd (Guru Sekolah Rakyat Angkasa Pura)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *