Jakarta -nBagi setiap orang, pendidikan merupakan bekal utama untuk menjalani kehidupan yang baik. Maka PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk berkomitmen untuk memberikan pendidikan bagi masyarakat Indonesia. Hal ini dilakukan oleh Ancol dengan mengusung konsep edutainment.

Konsep tersebut merupakan pendekatan pendidikan dengan hiburan yang menyenangkan. Komitmen ini dijalankan oleh Ancol lewat salah satu program perusahaan bidang pendidikan dengan mendirikan Sekolah Rakyat Ancol (SRA).

Sekolah yang telah didirikan sejak 2004 ini dibangun oleh PT Pembangunan Jaya Ancol yang bekerja sama dengan Yayasan Sekolah Rakyat Indonesia (YSRI). Tujuannya adalah memberikan kesempatan kepada anak putus sekolah dari keluarga kurang beruntung secara ekonomi untuk melanjutkan sekolahnya ke tingkat SMP.

SRA 1 ini terletak di Kelurahan Pademangan Barat dan SRA 2 di wilayah Kelurahan Ancol. Hingga kini jumlah siswanya sudah mencapai 131 anak. Dari sisi pengajar, Ancol menghadirkan tenaga pengajar yang memiliki kompetensi di bidang pendidikan. Ada 220 alumni yang telah mengenyam pendidikan di SRA. Kini lulusannya sudah ada yang sampai melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri di Jakarta dan Banten.

“Program ini memberikan harapan baru bagi anak-anak yang termarjinalkan. Bahkan alumninya ada yang melanjutkan ke perguruan tinggi negeri dan ada juga yang melanjutkan kuliah ke Turki,” ujar Ketua Umum YSRI, Widodo dalam keterangan tertulis.

Ancol Bangun Sekolah untuk Anak Putus Sekolah
Siswa-siswi Sekolah Rakyat Ancol (Foto: dok. Ancol)

Sebagai program sekolah terbuka tingkat SMP, SRA memiliki sekolah induk yaitu SMPN 95 Jakarta yang berada di Tanjung Priuk, Jakarta Utara. Menariknya, seluruh kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan secara mandiri. Namun di akhir masa pembelajaran, siswa akan memperolehijazah sekolah negeri.

Jadi Ancol dan YSRI tidak hanya memberikan materi akademis sesuai kurikulum, tapi juga materi seperti kewirausahaan dan pembekalan akhlak sesuai dengan moto sekolah, yakni ‘Mandiri, Berjiwa Pemimpin & Berakhlak Mulia’.

Siswa SRA juga diberi kegiatan ekstrakulikuler, antara lain kesenian angklung, musik perkusi, english club, dan taekwondo. Bahkan siswa SRA juga memiliki kesempatan untuk dapat menikmati fasilitas yang berada di dalam kawasan rekreasi Taman Impian Jaya Ancol secara gratis, seperti berolahraga di areal pantai dan kegiatan renang rutin di Atlantis Water Adventure.

Ancol Bangun Sekolah untuk Anak Putus Sekolah
Kegiatan ekstrakulikuler di Sekolah Rakyat Ancol (Foto: dok. Ancol)

“Kami berharap dengan adanya program pendidikan Sekolah Rakyat Ancol dapat berkontribusi dalam dunia pendidikan dan memberikan manfaat sebaik-baiknya bagi seluruh siswa. Mereka adalah anak-anak kami yang terus kami bina dan kembangkan kompetensinya agar menjadi penerus bangsa,” kata Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, CPaul Tehusijarana.

SRA juga telah meraih beberapa prestasi. Di antaranya Juara Lomba Motivasi Belajar Mandiri (LOMOJARI) tingkat nasional (2009) dan tingkat Provinsi DKI Jakarta (2008 dan 2013).

“Saya hampir putus sekolah, tapi berkat SRA yang telah memberikan kesempatan untuk bisa merajut impian saya, saya bisa seperti ini,” ungkap salah satu alumni SRA yang saat ini sedang melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi negeri di Banten, Shelfa khastina.
(adv/adv)

Sumber : https://news.detik.com/advertorial-news-block/3700718/ancol-bangun-sekolah-untuk-anak-putus-sekolah ( Diakses : 1 November 2017 : 11:47 )

Leave a Comment